Tools Google URL Scraper

Cara Mencari Backlink Berkualitas

Posted on

Cara mencari backlink yang berkualitas bukanlah perkara yang mudah dan murah apalagi gratis sebab menurut hemat saya tidak ada barang berkualitas yang gratis toh meskipun ada yang gratis atau murah tetap harus dibayar dengan ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Ingat! anda harus cari backlink yang berkualitas bukan mencari baclink yang banyak. Lantas seperti apa sih kriteria backlink yang berkualitas itu? dan bagaimana pula cara untuk mencarinya? Didalam artikel ini akan coba saya sampaikan bagaimana saya menggunakan sejumlah cara sederhana yang gratis maupun yang berbayar dalam rangka untuk mencari backlink yang berkualitas. Silahkan ikuti langkah demi langkah dibawah ini! baca sampai selesai agar proses pembelajaran menjadi efektif.

Kriteria Backlink Yang Berkualitas Menurut Para Pakar SEO

Kebanyakan pakar SEO memberikan kriteria-kriteria seperti dibawah ini untuk menilai kualitas sebuah backlink:

  1. Terindex dan Dofollow.
  2. Berasal dari situs yang memilki trust yang tinggi dimata Google.
  3. Memiliki relevansi yang tinggi dengan situs monesite.
  4. Tipe backlink
  5. Jumlah outbound link

1. Terindex dan Dofollow Backlink

Yang paling utama sekali adalah bahwa backlink anda terindex Google karena buat apa bersusah payah membuat backlink tapi tidak terindex meskipun situs pemberi backink tersebut dari situs yang bernilai dan berkualitas tinggi seperti dari domain .gov, .edu atau situs-situs yang memang sudah populer seperti milik microsoft, CNN, Detik, Kompas dan lain sebagainya. Untuk mengetahui apakah backlink yang akan anda buat itu terindex atau tidak ialah dengan menggunakan beberapa cara misalnya:

  1. Klik kanan pada halaman backlink anda lalu pilih view page source kemudian gunakan quick find (tekan tombol ctrl + f) lalu ketikan misalnya: robots atau index atau noindex dan perhatikan pada metaname robots. Kalau anda tidak menemukan gunakan cara berikut:
  2. Buka halaman Google lalu ketikan site:url (url yg anda ketikan merupakan url berisi directory mengarah ke halaman backlink, misal url backlink http://domain.com/forums/member/userid=5000 maka anda bisa ketikan di Google: site:domain.com/forums/member/userid= lalu cek apakah ada url yang berisi format tersebut yang terindex. Atau bisa juga dengan cara:
  3. Kunjungi http://domainbakclinkanda.com/robots.txt dan perhatikan perintah disallow, kalau disallow diberikan value: disallow: /forums/member/ maka seluruh url dengan format tersebut tidak akan di index Google.
  4. Kalau anda sudah memiliki contoh url backlink anda pun bisa lansung mengecek dengan cara mempaste seluruh url backlink kedalam pencarian Google seperti gambar dibawah ini yang merupakan gambar url yang sudah terindex

gambar bakclink sudah terindex-min

Jika anda mendapatkan backlink dengan tag “dofollow” itu artinya Google akan mengikuti “alur” external link yang berada didalam halaman web yang terdapat link didalamnya. Pada era pagerank istilah ini disebut dengan “link juice” yang mana Google akan menilai bahwa external link tersebut merupakan link yang mendapatkan “nilai”. Pun apabila backlink bertipe dofollow ini didapatkan oleh situs penerima backlink maka efeknya bisa mempengaruhi rangking. Sedangkan untuk backlink dengan tag nofollow dalam kontek pengoptimasian website secara off page dia tidak bisa memberikan efek kepada ranking.

Oleh sebab itu maka para “pemburu backlink” bekerja keras untuk mendapatkan backlink ber-tag dofollow ini apapun caranya akan ditempuh demi mendapatkannya. Tapi dofollow backlink saja tidak cukup untuk menaikan ranking website apabila tidak didukung oleh yang lainnya lagi termasuk juga teknik optimasi SEO on page (untuk teknik optimasi SEO on page bisa anda baca panduannya disini).

2. Backlink Berasal Dari Situs Yang Ber-Trust Tinggi

Pakar SEO berpendapat bahwa backlink dengan trust yang tinggi itu sangat bernilai sekali, contoh backlink dari situs ber-trust tinggi misalnya adalah backlink dari situs yang menggunakan domain: .gov atau .edu atau situs-situs populer lainnya seperti misalnya: cnn.com, kompas.com, detik.com, cnn.com dan masih banyak lagi.

Tetapi amat sulit untuk mendapatkan backlink dari situs populer karena memang situs tersebut tidak diperuntukan untuk umum alias hanya situs-situs tertentu saja yang bisa mendapatkan link darinya. Oleh karena itu (paska pagerank dihilangkan oleh Google) kebanyakan pakar SEO menggunakan metrik (alat ukur) dari beberapa situs yang memberikan informasi tentang nilai sebuah halaman web seperti misalnya Moz dengan DA/PA (DA: domain authority dan PA: page authority), atau MajesticSEO dengan CF/TF (CF: citation flow dan TF: trust flow) dan Alexa dengan Alexa Rank nya.

MOZ (DA/PA)

Moz PA

Baca pengertian Moz DA disini dan pengertian Moz PA disini, singkatnya pengertian Moz DA adalah nilai metrik menggunakan skala 0 -100 untuk menilai kualitas sebuah domain. Semakin domain tersebut populer dan mendapatkan banyak inbound link maka semakin tinggi pula skor untuk DA. Sedangkan untuk PA adalah (masih menggunakan skala 0-100) untuk menentukan nilai sebuah halaman web.

Singkatnya antara DA dan PA pasti berbeda, contoh: bila DA dari blogspot.com itu 80 belum tentu untuk PA yang terdapat di subdomain.blogspot.com/artikel.html. Dan amat mudah untuk menaikan nilai metrik dari DA/PA ini karena perhitungannya berdasarkan seberapa banyak domain atau halaman web didalam domain tersebut mendapatkan inbound link (backlink).

Majestic SEO (CF/TF)

majestic

CF adalah citation flow, menggunakan skala 0-100, maksudnya adalah skor seberapa banyak semuah halaman web atau domain mendapatkan backlink sedangkan TF atau trust flow (dengan skala yang sama) adalah nilai skor untuk menilai kualitas backlink yang didapat oleh sebuah domain maupun url didalam domain tersebut.

Jika domain banyak mendapatkan backlink yang berkualitas maka nilai CF dan TF nya akan tinggi tapi bila ada salahsatu yang kurang maka imbasnya bisa kepada CF atau TF nya itu sendiri.

Alexa Rank

nilai metrik kompas

Kemudian untuk Alexa Rank menggunakan perhitungan jumlah visitor yang berkunjung kedalam sebuah website. Skala metrik yang digunakan oleh Alexa Rank ini berbeda yakni dari >5000.000 hingga 1. Semakin tinggi website mendapatkan jumlah pengunjung maka skor Alexa Rank akan mengecil.

Tapi sialnya kita tidak dapat mengetahui secara pasti berapa nilai Alexa Rank sebuah website sebab saat ini hanya situs-situs yang mendaftar dan membayar biaya bulanan kepada Alexa Rank saja yang di prioritaskan untuk mendapatkan laporan yang realtime.

Selain Moz, Majestic dan Alexa masih ada lagi seperti misalnya: YandexRank dan Ahref Ranks

Dari keterangan tersebut manakah yang menjadi acuan utama untuk menilai kualitas sebuah backlink? jawabnya tidak ada! karena semua kembali kepada si SEO Master itu sendiri mau pilih yang mana. Sedangkan untuk saya lebih memilih menggunakan metrik dari Majestic SEO dan Alexa Rank dibandingkan Moz, Yandex dst.

Untuk memeriksa skor metrik/kualitas dari domain atau halaman web bisa menggunakan ini untuk mengecek DA/PA atau langsung ke Majestic SEO untuk mengecek berapa CF dan TF.

Catatan Penting: jangan tertipu dengan skor metrik DA/PA yang tinggi apalagi mau mengeluarkan uang banyak untuk membeli domain dengan DA/PA tinggi, sebab sangat mudah sekali untuk menaikan DA/PA karena algorithm yang digunakannya mengacu pada kuantitas backlink bukan kualitas backlink. Akan lebih baik bila anda menggunakan CF/TF dari MajesticSEO sebab kita bisa menilai seberapa berkualitasnya backlink menggunakan perbandingan TF (trust flow) yang artinya semakin tinggi TF maka semakin tinggi pula nilainya. Bila anda kombinasikan menggunakan CF/TF + Alexa Rank maka semakin tinggilah nilai yang akan anda dapatkan.

3. Backlink Yang Memiliki Relevansi

Bila niche/tema atau konten website yang akan dioptimasikan adalah tentang SEO maka akan lebih bagus bila website tersebut mendapatkan backlink dari situs yang memiliki kesamaan tema atau setidaknya masih berkutat pada pembahasan yang berkaitan dengan SEO.

Relevansi ini bisa secara keseluruhan konten didalam situs pemberi backlink ataupun bisa juga dari konten dimana terdapat link backlink anda, misalnya blog anda tentang SEO lalu anda mendapatkan backlink dari kompas.com yang mengulas tentang SEO maka itu bisa juga disebut relevant apalagi bila blog anda mendapatkan backlink dari Moz.com, MajesticSEO.com dan seterusnya yang semuanya dofollow maka hasilnya akan dahsyat sekali!.

4. Tipe Backlink

Kemudian yang terakhir adalah berupa tipe backlink, seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali tipe-tipe backlink seperti misalnya backlink:

  1. Artikel
  2. Blog komentar
  3. Guestbook
  4. Shortner URL
  5. Forum profile
  6. dst

Pada dasarnya tidak peduli apa tipe backlink anda sepanjang dia berada didalam website yang memiliki kualitas seperti yang sudah saya uraikan diatas. Tapi kalau kita mau lebih sempurna lagi maka ada baiknya bila tipe backlink kita buat bervariasi tidak hanya dominan pada satu tipe backlink saja (inilah yang disebut dengan diversity backlink). Maka buatlah backlink dari berbagai tipe mulai dari blog komentar, artikel, social network, forum profile dst.

5. Jumlah Outbound Link

Akan sangat sia-sia bila anda membuat backlink didalam sebuah halaman web yang mana didalamnya sudah terdapat ratusan bahkan ribuan outbound link (external link) karena selain sudah banyak outbound link yang jumlahnya ratusan dan ribuan itu bisa jadi pula didalamnya terdapat banyak link berisi SPAM yang berisi anchor text yang negatif.

backlink jelek

backlink OBL Tinggi

Oleh karena itu anda harus menghindari kesia-siaan dengan tidak memasang backlink disana (terutama untuk mengoptimasikan halaman moneysite). Saran dari kami kalau anda menemukan sumber backlink seperti itu sebaiknya jadikan itu sebagai backlink untuk tier 2 ke 1 atau tier 3 ke 2 dan atau tier selanjutnya.

Teknik/Cara Mencari Backlink

Setelah anda tahu seperti apa menilai kualitas dari sebuah backlink maka kini giliran waktunya untuk mengetahui bagaimana mencari backlink tersebut.

Secara umum ada banyak cara seperti misalnya:

  1. Browsing menggunakan keyword: “daftar backlink dofollow terbaru”, “daftar backlink edu” atau Bergabung di forum-forum internet marketing.
  2. Menggunakan layanan backlink checker.
  3. Menggunakan software Google URL scraper semacam Scrapebox dan Gscraper
  4. Urunan/patungan berlangganan

1. Browsing dan Cari yang Gratisan

Banyak juga blog dan forum yang men-share daftar list buat dijadikan backlink secara gratis dan anda bisa memanfaatkannya untuk mengumpulkan list yang bisa dipakai nanti. Bergabung di forum atau komunitas yang berhubungan dengan SEO, dengan cara ini anda bisa barter (tukaran) daftar list backlink yang anda punya dengan member lainnya.

daftar dofollow backlink terbaru 2018

2. Menggunakan layanan backlink checker

Seperti dari backlinkwatch, Moz, Ahrefs, Moz, CognitiveSEO, Webmeup, SEOSpyGlass dan sejenisnya. Tapi tidak semuanya layanan backink checker ini gratis, yang terkenal yang memberikan backlink checker gratis adalah dari webmeup dan backlinkwatch (walau masih ada yang lain yang bisa anda cara sendiri). Moz, Ahrefs, Majestic SEO dan semacamnya itu tidak gratis.

Mana dari layanan backlink checker itu yang paling bagus? untuk menjawabnya tentu saja harus diadakan riset, tapi anda bisa melihat hasil risetnya di https://www.matthewwoodward.co.uk/experiments/backlink-checkers-compared-ahrefs-majestic-seo-seomoz-raven-tools-seo-spyglass/ silahkan tentukan sendiri mana yang menurut anda yang terbaik.

3. Menggunakan Tools Google URL Scraper

Dua tools terkenal yang biasa digunakan untuk mencari backlink adalah: Scrapebox dan Gscraper. Tapi akan ada biaya tambahan kalau anda mau menggunakan tools ini yaitu biaya untuk membeli proxy.

Tools Google URL Scraper

Gscraper

Cara menggunakan tools ini sangat mudah semudah seperti anda mencari di Google biasa dengan kombinasi-kombinasi search query tertentu seperti mengkombinasikan antara footprint dengan keyword. Apa itu footprint? footprint adalah bisa berupa: text atau URL yang ada didalam CMS tertentu yang menandakan identitas dari CMS itu sendiri. Contoh footprint untuk WordPress blog misalnya: “powered by WordPress”. Anda bisa download footprint koleksi kami disini.

Didalam kedua tools tersebut selain untuk mencari sumber backlink anda juga bisa menggunakan sejumlah addon pada Scrapebox atau function pada Gscraper seperti misalnya:

  1. Mengecek indexed
  2. Memeriksa alexa rank
  3. Sitemap scraper
  4. Website crawler
  5. Email scraper
  6. dan masih banyak lagi

Bagi pengguna tools lain semacam GSA SER anda juga bisa menggunakan URL scraper built in didalam GSA SER ini yakni melalui: option->advanced ->tools->search online atau lihat gambar:

Tools Google URL Scraper

Google URL Scraper GSA

4. Urunan (Patungan) Membeli List Sumber Backlink

Nah! ini opsi terakhir, anda bisa hubungi master SEO lainnya untuk mengajak urunan membeli tools atau membeli list sumber backlink seperti yang disediakan oleh situs ini.

Ketika anda sudah mendapatkan daftar backlink maka langkah selanjutnya adalah dengan menilai kualitas dari backlink tersebut menggunakan cara yang sudah saya paparkan pada pembukaan artikel ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *