Google User Signals

Ini Pengertian “User Signals” Dalam SEO

Posted on

Apa pengertian “user signals” dalam SEO? pertanyaan ini tentu menjadi pertanyaan besar bagi sebagian orang yang barusan saja mendengar istilah user signals. Tapi untuk sebagian orang lagi menggunakan pertanyaan yang berbeda tapi ujung-ujungnya ia akan menemukan jawaban yang mengandung kata “user signals” itu sendiri, pertanyaan yang beda itu mungkin saja, “kenapa posisi blog/website saya turun merosot secara perlahan-lahan didalam 3 bulan belakangan ini?” dan jawabnya adalah mungkin saja blog/website anda terkena imbas daripada algorithm user signals.

Apa User Signals Itu?

Menurut para ahli SEO user signals adalah istilah untuk algorithm yang belum lama ini diterapkan oleh Google. Imbas daripada algorithm user signals adalah antara lain posisi website yang turun atau banyak halaman website yang turun atau bahkan menghilang dari peredaran.

User signals adalah sebuah algorithm yang mencatat aktivitas pengunjung yang berasal dari Google search engine result page kedalam sebuah halaman web.

Agar Lebih Gampang (untuk para nobi) Saya beri pengertian begini:

  1. Saya ingin mencari informasi produk tentang timbangan digital menggunakan Google, maka saya akan membuka halaman utama Google dan mengetikan kata kunci yang saya ingin dapatkan informasinya. Setelah mengetikan kata kunci dan tekan enter maka Google akan memberikan referensi.
  2. Saya klik situs A yang merupakan salahsatu dari 10 website hasil penelusuran Google kemudian saya tekan tombol “back” (kembali ke Google) karena saya tidak menemukan produk yang sedang saya cari.
  3. Kemudian saya klik lagi situs B, didalam situs B ternyata saya menemukan produk yang saya cari dan didalam situs B pun terdapat informasi lainnya (berupa halaman/postingan) yang membuat saya mengklik halaman/postingan tersebut.

Bila demikian yang terjadi maka situs B akan mendapatkan prioritas rangking lebih tinggi dibandingkan dengan situs A karena Google menilai konten didalam situs B lebih mendekati permintaan yang di inginkan user berdasarkan signal yang saya berikan tadi.

Google User Signals

Untuk menjadi hal semacam itu tentu saja dibutuhkan algorithm yang sangat rumit yang tidak bisa dijelaskan bagaimana perhitungannya karena yang menjadi masalah disini adalah bukan pada perhitungan algorithm tapi dari sejauh dan sepandai apa anda menentukan keyword dan membuat konten.

Yang terpenting dari algorithm user signals ini adalah anda harus memperhatikan bounce rate dan fokus untuk memperbaiki bounch rate bila anda sudah tahu berapa skor bounce rate anda. Tapi kalau belum tahu berapa skor bounce rate maka sangat disarankan untuk menggunakan pencatatan analytic.

Di dalam halaman ini dijelaskan dengan lebih lengkap lagi tentang user signals.

Apakah user signals ini penting untuk diketahui? jawabnya adalah ya! terutama buat anda yang ingin memiliki blog berada di posisi teratas dan sudah sepantasnya jika memang kita semua harus fokus pada user signals.

Algo ini berkaitan dengan kualitas konten, pemilihan keyword dan use management (pengelolaan user). Oleh karena itu akan lebih bijaksana bila anda mempelajari juga bagaimana cara membuat pengunjung lebih betah beralama-lama di web/blog dibandingkan memperbanyak backink atau konten crappy lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *