Cara Melihat Pengunjung Website Secara Terperinci

666x502-fungsi-google-analytics

Sebagai pemilik website tentu kita harus tahu bagaimana cara melihat pengunjung website secara terperinci. Baik itu secara Real Time maupun secara keseluruhan hari per hari atau selama seminggu atau bahkan dalam sebulan.

Bagi pengguna website WordPress tentu lebih mudah untuk mengetahuinya dibandingkan dengan beberapa website dengan CMS yang lain. Cara melihat pengunjung website WordPress caranya adalah dengan menginstal plugin gratis di dalam website WordPress. Contoh nama plugin yang bisa di install misalnya adalah Jetpack. Dan untuk pengguna selain WordPress Anda juga bisa melihat pengunjung website melalui web di cpanel yaitu melalui menu visitor log.

Selain menggunakan Jetpack khusus untuk situs WordPress dan selain WordPress Anda juga bisa menggunakan script yang bisa dipakai untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung website dalam sehari atau script yang bisa mencatat total keseluruhan website secara priodik.

Script yang saya maksud disini adalah script yang diberikan oleh situs situs pencatat traffic kunjungan website seperti misalnya Google Analytic dan Histats.

Baik Google Analitik dan Histats keduanya merupakan script gratisan yang bisa digunakan dan dimanfaatkan serta dimaksimalkan untuk melakukan analisa pengunjung website.

Karena penting sekali untuk terus-menerus memantau performan dari website kita caranya adalah tentu dengan menganalisa pengunjung website.

  1. Dari mana dia datang
  2. Perangkat apa yang dipergunakannya
  3. Di halaman mana dia datang
  4. Dihalaman mana dia keluar dari website kita.

Melihat Pengunjung Website Secara Terperinci

Dalam artikel ini saya akan memberikan gambaran sedikit tentang teknik atau cara melihat pengunjung website atau dengan kata lain agar kita dapat mengetahui bagaimana cara mengetahui berapa orang yang mengunjungi website kita dalam sehari. Dalam kasus ini saya akan menggunakan Google Analitik.

Cara Melihat Pengunjung Website Secara Terperinci

Cara Melihat Pengunjung Website Secara Terperinci

Mengetahui Pengunjung Website Menggunakan Google Analitik

Untuk dapat menggunakan layanan Google Analitik ini ada beberapa step yang harus anda selesaikan yaitu:

  1. Mendaftar di Google Analitik
  2. Memasukkan kode tracking yang diberikan oleh Google

Setelah menjalani 2 step tersebut maka langkah selanjutnya adalah menunggu hingga beberapa hari agar data tercata secara lebih terperinci.

Biasanya saya menunggu antara 5 sampai dengan 7 hari atau bisa juga mulai 3 hari data sudah mulai terlihat secara komprehensif terperinci.

Data traffic apa saja yang dapat kita ketahui melalui Data Google Analitik itu?

Jawabnya sangat banyak sekali dan sangat terperinci sekali. Untuk melihat pengunjung website Anda cukup login ke dalam Google analytic kemudian pilih beberapa menu yang ada di samping kiri.

Google Analitik dapat di kunjungi baik menggunakan laptop dan komputer atau bisa juga menginstal aplikasi Android khusus untuk Google Analitik. Tetapi menurut saya akan lebih baik jika menggunakan perangkat laptop atau komputer dibanding menggunakan Android.

Baca Juga:

Data Penting Yang Ada di Dalam Google Analitik

Saya akan uraikan beberapa data-data penting yang terdapat di dalam Google Analitik. Data-data tersebut adalah data yang konkret sehingga kita bisa melihat jumlah pengunjung harian website, seperti misalnya adalah:

Melihat Pengunjung Secara Real Time

Real time adalah data laporan yang diberikan oleh Google. Data ini secara terus-menerus di-update selama beberapa detik. Dengan Real Time maka anda bisa melihat jumlah pengunjung yang sedang online di dalam website pada jam dan waktu yang sedang berjalan.

Real time

Real time

Data yang bisa dilihat adalah; jumlah orang yang sedang online di dalam website, lokasi geografis mereka, kata kunci yang mereka gunakan sehingga bisa tiba di dalam website kita, daftar situs-situs referral atau situs yang merujuk mereka hingga bisa datang ke website kita, halaman apa saja yang mereka lihat dan kemudian konversi.

Melihat Berapa Pengunjung Website Secara Priodik

Pada sidebar menu Google Analitik Silakan klik menu audience lalu klik overview. Di dalam halaman tersebut Anda dapat melihat berapa pengunjung website kita secara periodik dengan lengkap. Yang saya sebut dengan periodik disini adalah karena kita bisa menentukan tanggal Atau periode waktu tertentu.

Misalnya Anda bisa melakukan tracking atau melihat pengunjung website mulai dari pilihan hari ini, kemarin, 7 hari yang lalu, 14 hari yang lalu, 28 hari yang lalu atau bisa melihat jumlah pengunjung website dalam rentang waktu tertentu di bulan yang berbeda.

Data yang bisa anda lihat dari fitur ini adalah seperti misalnya “demografi” yaitu berkaitan dengan negara dan kota. Anda dapat melihat pengunjung berdasarkan dimana mereka berada atau mereka berada di negara mana dan di kota apa.

Yang kedua adalah “sistem” yang termasuk kedalam sistem disini adalah:

  1. Browser
  2. Operating system dan internet service provider yang mereka gunakan.

Yang ketiga adalah yang berhubungan dengan mobile atau telepon seluler smartphone. Data yang bisa anda lihat dari pengunjung website adalah:

  1. Mobile operating system
  2. Internet service provider
  3. Screen resolution yang mereka gunakan saat berkunjung ke dalam website kita.

Melihat Pengunjung Berdasarkan Minat

Di dalam Google Analitik anda juga melihat pengunjung website Anda berdasarkan minat atau berdasarkan hobi dan aktivitas mereka saat Berselancar Di Internet.

Seperti yang kita ketahui bahwa pengunjung internet itu terbagi kedalam beberapa kategori berdasarkan minat. Misal ada pengunjung yang sering melihat informasi yang berhubungan dengan travelling, ada juga pengunjung yang sering sekali mengunjungi halaman otomotif, Kemudian ada juga pengunjung yang sering mengunjungi atau sering membaca konten-konten yang berhubungan dengan resep masakan dan masih banyak lagi yang kesemuanya ini disebut dengan minat.

Kemudian ada lagi fitur user Explorer fungsinya adalah agar Anda bisa melihat pengunjung website Anda yang paling lama berada di dalam website anda. Anda bisa melihat mereka secara detail dan terperinci termasuk peralatan yang mereka pergunakan saat berkunjung ke website.

Melihat Pengunjung Berdasarkan Demographics

Yang bisa anda lihat dari laporan ini adalah hal yang berkaitan dengan gender atau jenis kelamin serta usia.

Data ini sangat penting untuk anda dapatkan Karena Anda bisa melihat siapa saja pengunjung website berjenis kelamin pria maupun wanita yang mana yang paling banyak serta di rentang usia berapa kebanyakan pengunjung website kita.

Melihat Pengunjung Berdasarkan Sumber

Jika anda ingin melihat pengunjung berdasarkan sumber atau ingin mengetahui dari mana mereka datang ke website anda apakah dari Google apakah dari Facebook atau apakah dari website lain dan ini disebut dengan traffic source.

Kita membagi pengunjung ini menjadi 5 tipe yaitu:

  1. Direct: Artinya pengunjung yang datang ke website Anda secara langsung tanpa melalui perantara situs lain seperti Google Facebook atau situs-situs lainnya
  2. Referral: pengunjung yang datang ke website anda setelah melewati website yang lain sebagai perantara contohnya Facebook Google Instagram Atau situs-situs lainnya
  3. Organic search: pengunjung yang datang ke website anda melalui situs pencarian organik Google
  4. Social: pengunjung yang datang ke website anda dan berasal dari situs-situs social media seperti Facebook Instagram Twitter dan lain sebagainya
  5. Paid search: pengunjung yang datang ke website anda dan berasal dari iklan Google yang telah anda buat

Mengetahui Apa Saja Yang Dikerjakan dan Halaman Apa Saja Yang Paling Banyak di Kunjungi Para Pengunjung Website

Untuk mengetahui apa saja yang dikerjakan para pengunjung website adalah sangat mudah caranya cukup dengan mengklik menu di “behavior” pada sidebar menu Google Analyitics.

Melalui data ini anda dapat mengetahui di halaman apa yang terdapat didalam website kita para pengunjung itu tiba kemudian Anda juga dapat melihat dan mengetahui dihalaman mana mereka meninggalkan website kita.

Selain itu terdapat juga pencatatan yang berkaitan dengan jumlah halaman yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung website. Agar lebih jelas silahkan anda lihat gambar dibawah ini dimana telah saya tampilkan beberapa contoh halaman atau URL yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung website saya.

behavior

behavior

Setelah itu masih banyak lagi fitur-fitur yang bisa anda manfaatkan dan semuanya 100% gratis anda gunakan! ya, caranya cukup mendaftar di dalam Google Analitik karena fungsi dari pencatatan ini adalah sangat penting sekali karena setiap orang pasti membutuhkan data agar dapat melakukan Analisa terhadap kinerja keuangan set Apakah kurang maksimal ataukah sudah maksimal ataukah perlu ditingkatkan lagi.

Jika anda masih mengalami kendala bagaimana cara mengetahui pengunjung website secara periodik harian mingguan bulanan maupun dalam rentang waktu tertentu silakan Anda hubungi saya untuk melakukan diskusi mengenai hal ini. Silakan hubungi melalui chat WhatsApp maupun hubungi melalui nomor telepon yang telah saya sediakan.

Mengapa Harus Tahu Siapa Saja Pengunjung Website?

Website adalah Tidak berbentuk fisik alias dia bentuknya virtual. Jika website kita ibaratkan sebuah toko maka itu berbeda 360°. Jika pada toko ofline anda tentu dapat dengan mudah mengetahui siapa saja yang datang ke toko Anda. Tanpa bantuan alat anda bisa mengetahui siapa yang datang siapa namanya Apa jenis kelaminnya dari mana asalnya apa yang dia beli apa yang dia lihat dan lain sebagainya.

Tapi di dalam website yang berbentuk virtual atau bentuk digital sangat sulit untuk mengetahui siapa yang datang ke website kita dari mana asalnya, apa yang ia lihat, apa yang ia baca, apa yang ia Minati, spa jenis kelaminya tanpa menggunakan atau bantuan situs mencatat traffic pengunjung website seperti yang diberikan oleh Google Analitik ini.

Dari data-data yang telah anda dapat dari Google analitik Maka selanjutnya adalah dapat melakukan apa yang disebut dengan analisis. Data tersebut dapat menggambarkan kekurangan dan kelebihan dari website. Bukankah itu sebuah hal yang menarik?

Anda harus melakukan perbaikan jika memang harus diperbaiki Anda harus melakukan peningkatan jika memang ada area yang harus ditingkatkan dan Anda juga bisa melakukan perawatan pada area yang sudah bagus.

Tanpa Bantuan alat pencatat trafik pengunjung atau script Analitik tertentu Kita tidak dapat mengetahui secara pasti dan kita juga tidak dapat melakukan tindakan apapun karena semuanya berdasarkan estimasi dan perkiraan belaka.

Demikian tips dan trik ini saya buat semoga bermanfaat untuk Anda dan silakan mencoba untuk segera mengetahui secara detail traffic visitor website anda sendiri dan jangan lupa silakan kirimkan komentar dan masukan anda melalui formulir dibawah ini kami tunggu ya.

Author: Tri Harda | Posted in: - Tags:

Baca Artikel Lainnya:

Tips Pemasaran Online

Tips Pemasaran Online 2020 5+1 Update Terbaru

Ini adalah tips pemasaran online 2020 versi…

Baca Artikel
Kesalahan Fatal Orang Yang Membuat Website

Kesalahan Fatal Orang Yang Membuat Website

Membuat website jika untuk tujuan promosi, maka…

Baca Artikel
Keyword

100 Cara Promosi Penjualan di Internet Menggunakan Digital Marketing

Kita akan bahas cara promosi penjualan di…

Baca Artikel
online

10 Solusi Website Tidak Bisa Diakses

Jangan stress! karena dalam artikel ini akan…

Baca Artikel