100 Cara Promosi Penjualan di Internet Menggunakan Digital Marketing

Keyword

Kita akan bahas cara promosi penjualan di internet secara digital menggunakan metoda strategi digital marketing yang tepat dan ampuh untuk meningkatkan keuntungan dengan cepat. Ingat! point penting setelah website anda selesai dibuat adalah dengan mempromosikannya secara tepat guna, efektif dan efisien.

Tetapi untuk menjalankan strategi digital marketing tentu ada aturannya, ada triknya dan ada strateginya. Jika anda merasa awam dalam bidang ini maka jangan sungkan untuk menggunakan jasa digital marketing yang telah kami sediakan.

PENTING:

Apa itu Digital Marketing? Digital marketing adalah cara promosi yang dilakukan di internet dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang terhubung ke internet.

Ada dua kata yang di harus diperhatikan yaitu: DIGITAL dan MARKETING.

Untuk bisa menjalankannya anda harus memahami dan menguasai dulu apa itu digital dalam kontek promosi dan apa itu marketing dalam kontek penerapan.

Promosi Penjualan

Apa tujuan atau target yang akan dicapai melalui digital marketing? Tujuan dari digital marketing adalah:

  1. Mengenalkan produk
  2. Menawarkan produk
  3. Menjual produk
  4. Mengingatkan produk

So! sebelum anda menjalankan proses digital marketing anda harus bisa menentukan dulu apa yang ingin anda capai dari hasil digital marketing tersebut.

Yang harus anda tentukan sebelum menjalankan digital marketing untuk promosi penjualan adalah:

  1. Kata kunci
  2. Pentargetan (audience)
  3. Source dan Medium
  4. Creative (konten)
  5. Budget
  6. Remarketing
  7. Measure (ukur)

7 Tahap Sebelum Melakukan Promosi Penjualan

Perhatikan baik-baik:

1. Kata Kunci

Kata kunci adalah kunci kesuksesan anda melakukan promosi penjualan terutama melalui medium yang bersumber dari search engine (Google Ads).

Salah menentukan dan menggunakan kata kunci maka akan salah juga strategi pemasaran anda.

Keyword

Efek kesalahan menggunakan kata kunci adalah: anggaran biaya iklan akan terbuang tanpa mendapatkan konversi apa-apa atau konversi hanya tercapai dibawah target. (Konversi adalah tindakan yang dilakukan pengunjung website anda yang sesuai dengan target yang telah anda buat).

Karenanya sangat penting untuk melakukan keyword research sebelum melakukan promosi penjualan. Jika anda awam dalam masalah ini jangan sungkan untuk menghubungi kami.

2. Pentargetan (Audiences)

Audience adalah daftar berisi kriteria-kriteria user tertentu yang dibuat sesuai dengan produk yang ingin anda promosikan.

Audience ini dipakai untuk pentargetan periklanan di search engine dan social media.

Contoh: jika anda memasarkan layanan jasa outsourcing IT misalnya, maka anda harus membuat audience yang berisi user yang tepat untuk tujuan penayangan iklan.

Misal buat audience berisi user yang memiliki niat dan atau kebiasaan yang sesuai dengan produk anda.

3. Source dan Medium

Source artinya adalah sumber, misal: Google, Facebook, Instagram, Bing, Adroll dst.

Medium artinya adalah media pengantar, misal: Google Ads, PPC, Facebook Ads, Organic dst.

Source dan medium ini juga sangat penting untuk di ketahui sebelum menjalankan promosi penjualan. Tujuannya adalah agar anda bisa menentukan strategi yang paling ampuh untuk mencapai target angka yang berasal dari promosi penjualan tersebut.

4. Creative (Konten)

Ini adalah materi atau isi dari iklan promosi penjualan anda.

Bentuknya bisa berupa teks, banner, animasi, video atau kombinasi diantaranya.

Cara promosi penjualan yang ampuh adalah dengan membuat creative yang sesuai dengan audience disamping memilih kata-kata yang menarik, elegant dan professional.

Ada batasan atau ketentuan-ketentuan yang diterapkan oleh penyelenggaran program periklanan online. Sebagai contoh Google Ads Display, anda harus mengikuti petunjuk yang telah mereka tetapkan.

5. Budget (Anggaran)

Ini yang paling krusial dan butuh kebijaksanaan yang tinggi.

digital marketing

Budget berkaitan erat dengan: kata kunci, audience, demographic, location, competitor dan target promosi penjualan yang ingin dicapai.

Kami membagi ini kedalam tiga kriteria yaitu: aggressive, medium dan low.

Semakin anda aggressive dalam melakukan promosi penjualan maka semakin besar anggaran yang dibutuhkan. Dan begitu seterusnya hingga mencapai tujuan tertentu.

Semuanya terserah anda yang menentukan dan anda sendiri yang memegang kebijaksanaan anggaran.

Mengkondisikan terjadinya keselarasan antara ambisi dan kemampuan menyediakan anggaran promosi penjualan harus anda lakukan.

Jika tidak maka hasilnya bisa berakibat negative.

6. Remarketing

Tujuan promosi penjualan menggunakan cara remarketing adalah: menampilkan kembali konten-konten iklan anda kepada orang yang pernah berinteraksi dengan anda.

Orang yang pernah berinteraksi dengan anda adalah mereka yang:

  1. Pernah berkunjung ke website (landing page anda sebelumnya)
  2. Pernah melakukan konversi seperti yang telah anda buat

Promosi penjualan menurut para ahli di bidang remarketing ini adalah sangat penting dan ampuh. Disamping tujuannya adalah untuk menarik kembali mereka yang pernah berinteraksi dengan anda juga bisa secara terus menerus menggodanya.

Yang paling tepat adalah dengan contoh promosi penjualan makanan, hotel booking, travel destination, marketing automotive dan lain sebagainya.

7. Measure (Ukur)

Fungsinya adalah untuk mengetahui proses dan progress dari aktivitas promosi.

“Alat” yang dipakai untuk mengukur itu bernama analytics.

Artikel kami mengenai Analytics dapat anda baca disini.

Data analytic baru tersedia setelah beberapa hari kita menjalankan promosi penjualan. Entah itu melalui iklan Google, iklan Facebook, iklan Instagram, Search Engine Marketing (SEO).

Melalui data tersebut kita dapat melihat efektitas untuk mendapatkan kesimpulan-kesimpulan yang harus di lakukan ketika sudah terbentur pada efisiensi, konversi dan anggaran.

Untuk mempermudah penggunaan data analytics ini, sangat disarankan agar anda menggunakan fitur UTM.

  1. utm_medium = media
  2. utm_campaign = nama campaign
  3. utm_source = sumber
  4. utm_content = creative
  5. utm_term = keyword

Mengenai penggunaan UTM dapat anda pelajari disini.

Tools yang dipakai antara lain: Google analytics, Facebook Pixels, Mamoto dst.

Jenis dan Nama Digital Marketing Untuk Promosi Penjualan

Salah satu tanda tanya besar yang mungkin sedang anda hadapi saat ini adalah, “mengapa website saya tidak ada pembelinya?“. Untungnya artikel terdahulu kami telah menjawabnya, silahkan dibaca.

Artikel tersebut sengaja kami buat sebagai pembukaan makalah agar pembahasan kita tentang cara promosi penjualan di internet ini semakin bermanfaat.

Digital marketing tentu saja memiliki jenis dan nama. Tujuannya adalah agar anda bisa dengan tepat menentukan strategi pemasaran untuk melakukan promosi penjualan.

[table “” not found /]

Cara promosi penjualan di internet menggunakan digital marketing yang tepat dan ampuh adalah dengan:

  1. Lakukan research (baik itu keyword dan competitor research).
  2. Buat perbandingan
  3. Tentukan source dan medium digital marketing
  4. Eksekusi
  5. Review

Author: Tri Harda | Posted in: - Tags:

Baca Artikel Lainnya:

Tips Pemasaran Online

Tips Pemasaran Online 2020 5+1 Update Terbaru

Ini adalah tips pemasaran online 2020 versi…

Baca Artikel
Kesalahan Fatal Orang Yang Membuat Website

Kesalahan Fatal Orang Yang Membuat Website

Membuat website jika untuk tujuan promosi, maka…

Baca Artikel
online

10 Solusi Website Tidak Bisa Diakses

Jangan stress! karena dalam artikel ini akan…

Baca Artikel
Website Saya Kenapa Lambat

Website Saya Kenapa Lambat? Bagaimana Cara Mengetahui Apa Penyebab Website Loading Terus?

Website saya Kenapa lambat? Bagaimana cara mengetahui…

Baca Artikel