TriHarda Web Design Pasti Lebih Bagus Pasti Lebih Murah

Strategi Bagaimana Cara Memasang Iklan Yang Tepat di Google Agar Efektif

Cara Membuat Orang Percaya Sama Website Kita

Isi Artikel

Tulisan ini akan mengajarkan Anda bagaimana cara memasang iklan yang tepat di Google agar efektif dan tidak sia-sia. Terutama sekali untuk para pemula yang baru ingin memasang iklan di Google sebaiknya mengikuti tips dan trik ini secara menyeluruh agar bisa mendapatkan untung yang sesuai dengan yang dikehendaki.

Strategi Cara Memasang Iklan Yang Tepat di Google

Saya akan membagi strateginya ke dalam dua tahap yaitu strategi pertama: sebelum kita memasang iklan di Google dan strategi yang kedua adalah ketika kita mulai memasang iklan di Google dan strategi yang ketiga adalah memantau efektivitas dari pemasangan iklan kita di Google.

Strategi Pertama: Sebelum memasang iklan

Sebelum memasang iklan ada dua strategi yang harus anda kerjakan yaitu:

  1. Berkonsultasi dengan pakarnya
  2. Buat website yang bagus dan singkron (relevant) dengan keyword yang akan dimasukan ke Google Ads

Berkonsultasi Dengan Pakar

Berkonsultasi dengan pakar digital marketing khususnya yang memiliki pengalaman dalam pemasangan iklan di Google merupakan langkah awal untuk menerapkan strategi pemasaran online.

Strategi Cara Memasang Iklan Yang Tepat di Google

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam Google Ads banyak sekali fitur-fitur yang membuat para pemula merasa bingung dan kesulitan. Contohnya seperti misalnya tentang penentuan budget, strategi bid, strategi lokasi iklan, demografi dari pengunjung website dan masih banyak lagi.

Kalau anda merasa masih awam jangan ragu untuk menghubungi saya karena saya siap untuk membantu anda memberikan masukan mengenai strategi memasang iklan di Google tujuannya adalah agar biaya yang telah anda keluarkan untuk membayar iklan di Google menjadi lebih bermanfaat.

Di dalam artikel yang terdahulu Saya pernah menuliskan tentang bagaimana cara agar orang percaya terhadap website kita (silahkan dibaca). Pada kesempatan ini inilah waktunya untuk mengaplikasikannya karena website anda akan di iklankan di Google di mana membutuhkan anggaran yang mungkin jumlahnya tidak sedikit.

Lagi-lagi Anda membutuhkan masukkan dari orang yang memahami secara mendalam tentang pemasaran online. Jangan biarkan dana yang telah keluar untuk membayar iklan di Google menjadi terbuang percuma.

Optimalkan Tampilan dan Konten Website

Tampilan website memegang peranan penting dalam mendapatkan konsumen. Oleh sebab itu tampilan website Anda harus benar-benar maksimal, menarik dan bisa mencerminkan dari aktivitas usaha anda sendiri.

Cara Memasang Iklan Yang Tepat di Google

Website yang anda buat sangat dianjurkan untuk sinkron atau relevant antara konten (isi) dengan kata kunci yang ingin di masukkan di dalam iklan Google. Karena jika konten di dalam website tidak sinkron atau tidak relevan dengan keyword yang di masukkan di dalam Google Maka hasilnya akan menjadi negatif.

Atas dasar itulah maka anda harus berkonsultasi dengan pakar pemasaran online. Jika Anda menggunakan jasa pembuatan website dari kami maka secara otomatis website anda akan kami sinkronkan dengan kata kunci yang akan anda gunakan saat beriklan di Google tanpa dipungut biaya.

Cukup dengan memberikan instruksi kepada web developer kami agar memfokuskan konten menggunakan kata kunci yang ingin anda pakai beriklan di Google.

Strategi Kedua: Saat Memasang Iklan

Setelah anda selesai menjalankan strategi pertama yaitu strategi sebelum memasang iklan di Google agar efektif maka sekarang waktunya untuk mulai beriklan.

Saya tidak mengajarkan Anda bagaimana cara mendaftar atau bagaimana cara melakukan setting Google Ads karena masalah itu adalah masalah teknis.

Di dalam artikel ini saya akan memberikan tips dan trik strategi saja agar program pemasangan iklan di Google menjadi lebih efektif dan bermanfaat untuk kelangsungan usaha anda sendiri. Strategi ini saya bagi menjadi tiga bagian yaitu:

  1. Tentukan keyword yang tepat untuk iklan Google
  2. Tentukan target pemasaran
  3. Sesuaikan budget iklan dengan anggaran

Tentukan Keyword

Strategi pertama adalah Anda harus menentukan Apa keyword (kata kunci) yang tepat untuk anda gunakan dalam memasang iklan di Google.

Google membagi keyword ke dalam tiga tipe yaitu:

  1. Broad match
  2. Phrase match
  3. Exact match

Anda harus mengetahui dulu apa dan bagaimana cara kerja ketiga tipe keyword tersebut karena ini berhubungan dengan banyak hal seperti misalnya budget atau anggaran iklan harian di Google serta beberapa hal penting lainnya.

Di samping itu terdapat juga negatif keyword, Apa itu negatif keyword? tentang negative keyword dapat anda baca Disini.

Antara negatif keyword dan ketiga keyword tersebut semuanya saling terkait karena fungsi dari negatif keyword adalah untuk membatasi penampilan iklan anda di Google agar lebih efektif dan sesuai dengan keyword yang anda inginkan.

Tentukan Target Pemasaran

Strategi selanjutnya adalah dengan mengetahui kemudian menentukan target pemasaran anda. Apa yang disebut dengan target pemasaran? target pemasaran bisa berupa lokasi calon pembeli, usia calon pembeli, minat, gender dan lain sebagainya.

Target pemasaran ini sangat berkaitan erat dengan banyak aspek seperti misalnya alokasi anggaran dalam beriklan di Google. Agar efektif maka anda harus menyesuaikan target pemasaran dengan ketersediaan anggaran memasang iklan.

Semakin luas jangkauan iklan maka makin cepat habis saldo harian yang anda tetapkan di dalam iklan Google, Oleh sebab itu Anda harus bijaksana dalam menentukan target pemasaran.

Strategi yang paling tepat untuk keluar dari masalah ini adalah dengan menetapkan target pemasaran yang lokasinya tidak terlalu berjauhan dengan lokasi usaha anda.

Mengapa demikian? karena saat ini pengguna atau calon konsumen lebih memilih membeli produk dari website secara online yang lokasinya berdekatan dengan lokasi di mana ia tinggal.

Terlebih lagi Dalam persaingan yang tinggi maka dengan menetapkan target pemasaran yang lebih relevant akan lebih menguntungkan dibanding anda tidak menargetkan iklan Anda secara spesifik terarah ke lokasi-lokasi tertentu.

Sesuaikan Budget Harian Dengan Strategi Bid

Google menyiapkan beberapa kriteria tertentu khusus untuk strategi Bid misalnya ada strategi Bid yang disebut memaksimalkan klik dan ada juga yang strategis memasukkan Bid secara manual dan ada beberapa strategi Bid lainnya.

Strategi ini sangat menentukan tayangan iklan seperti misalnya iklan akan sering ditampilkan atau jarang-jarang ditampilkan. Semakin besar jumlah budget harian yang Anda masukkan ke dalam Google Ads maka semakin besar juga peluang iklan akan ditampilkan. Tetapi jika anda memperkecil jumlah budget harian sedangkan persaingan cukup tinggi maka jangan berharap iklan akan ditampilkan oleh Google.

Di sinilah Anda membutuhkan peran seorang konsultan tenaga ahli pemasaran online yang khusus memberikan layanan konsultasi iklan Google Ads.

Memasang iklan di Google tidak semudah yang anda pikirkan misalnya cukup dengan: daftar, membuat iklan, memasukkan website dan kata kunci, transfer biaya iklan lalu iklan segera tampil. Tidak seperti itu adanya tetapi banyak sekali hal-hal yang mendasar yang bisa membuat iklan anda menjadi tidak efektif di Google.

Strategi Ketiga: Memantau Hasil Beriklan

Setelah iklan Google tayang maka tunggu 3 – 4 hari (agar mendapatkan data maksimal dan lengkap). Data yang bisa anda ketahui setelah proses penayangan iklan adalah:

  1. Jumlah impression (jumlah tayang)
  2. Jumlah iklan terklik
  3. Harga perklik
  4. Jam tayang
  5. Lokasi tayang
  6. Usia yang mengklik iklan
  7. Gender yang mengklik iklan

Dan masih banyak lagi termasuk search terms yang dipakai pengguna saat mengklik iklan Google.

Agar iklan Google tambah efektif anda harus melakukan review. Dari total iklan yang diklik berapa jumlah interaksi, berapa banyak penjualan dan lain sebagainya.

Kalau tidak singkron antara jumlah iklan terklik dengan jumlah interaksi antara anda dan calon pembeli maka ada hal penting yang harus diperbaiki entah itu dari sisi website atau dari sisi setting iklan Google Ads.

Ketidak singkron antara jumlah klik dengan intaraksi (engagement) misalnya:

  1. Jumlah klik banyak tapi sedikit interaksi (menghubungi anda atau membeli produk yang anda jual)
  2. Jumlah klik banyak tetapi tidak ada satupun yang menghubungi apalagi membeli
  3. Jumlah klik sedikit tetapi banyak menghubungi dan atau membeli produk yang dijual

Dan masih banyak lagi analisa data yang kemudian bisa di selidiki penyebabnya. Oleh sebab itu anda memerlukan ahli dalam bidang pemasaran online digital khususnya iklan Google Ads.