Tips Pemasaran Online 2020 5+1 Update Terbaru

Tips Pemasaran Online

Ini adalah tips pemasaran online 2020 versi update dan terbaru dan patut untuk anda ikuti. Teknik daripada pemasaran online ini melalui medium program periklanan Iklan Google, Iklan Facebook, SEO dan Content Marketing. Jika anda masih pemula jangan khawatir karena konsep pembahasan ini di desain khusus untuk para pemula.

Didalam tips ini, kami juga akan serta sejumlah contoh-contoh hasil pemasaran online yang telah kami lakukan yang terbukti berhasil.

Berbicara tentang pemasaran online tentu saja kita bicara tentang:

  1. Knowledge
  2. Research
  3. Membuat landing page (website)
  4. Menentukan source dan medium pemasaran
  5. Measure (kalkukasi)
  6. Remarketing & Maintenance

Tips Pemasaran Online Yang Terbukti Berhasil

Pembahasan kita dalam tips ini berakar dari keenam point yang telah kami sebutkan diatas. Ikuti langkah-langkah tips pemasaran online agar anda bisa berhasil.

Tips Pemasaran Online

Tips Pemasaran Online

Knowledge

Knowledge = pengetahuan.

Anda harus tahu dengan matang terlebih dahulu mengenai produk atau barang yang akan di promosikan.

Pelajari dengan lebih dalam lagi tentang:

  1. Produk atau jasa yang ingin anda promosikan? (apa manfaat dan keuntungannya, berapa harganya, bagaimana kualitasnya dst)
  2. Siapa orang yang membeli produk atau jasa anda? (gender, usia, lokasi, pendapatan, status, kebiasaan mereka di internet dst)

Dari data yang berhasil anda himpun maka akan membuahkan kesimpulan berupa data yang nantinya bisa anda jadikan sebagai bagian dari promosi.

Research

Research = penelitian.

Tips Pemasaran Online 2020

Anda harus melakukan penelitian untuk mendapatkan beberapa data penting.

Research terbagi kedalam dua bagian, yaitu:

  1. Internal research
  2. External research

Internal Research

Temukan apa yang membuat produk atau jasa anda berbeda dengan yang lain. Apa istimewanya? apa kelebihannya dibanding produk atau penawaran jasa yang diberikan orang lain.

Juga temukan apa kata kunci yang tepat, yang relevant, yang memiliki jumlah pencarian yang banyak terhadap produk atau jasa anda.

External Research

Temukan siapa saja kompetitor anda lalu dapatkan data berupa:

  1. Penawaran yang mereka tawarkan kepada calon pembeli termasuk didalamnya harga, jaminan, garansi, bonus dst
  2. Bagaimana cara mereka berpromosi, apakah dengan iklan Google, iklan FB/IG, SEO, SEM atau yang lainnya
  3. Siapa “man behind them” atau siapa aktor intelektual yang mengelola promosi mereka lalu pekerjakan juga

Membuat Landing Page

Setelah anda berhasil mendapatkan dua data awal diatas tadi, maka kini saatnya mulai menuangkannya kedalam sebuah halaman web yang didalam dunia digital marketing disebut dengan landing page atau sales page atau bahkan moneysite.

Bentuk landing page bisa bermacam-macam.

Bali Window Blinds

Jika toko online maka yang menjadi landing atau sales page nya adalah halaman produk.

Jika website company profile yang menawarkan jasa, maka yang bisa dijadikan sebagai landing page nya adalah halaman muka (homepage) yang berisi fitur-fitur layanan yang anda berikan serta kelebihannya.

Khusus untuk membuat landing page ini sudah kami buatkan artikel yang bisa anda baca disini.

Mulai Memasarkannya (Tips Tentukan Source & Medium Advertising)

Sebagaimana kita tahu bahwa saat ini ada banyak sekali program periklanan. Google Ads, Bing Ads masuk kedalam kategori search engine Ads. Facebook Ads, IG Ads, Twitter Ads masuk dalam kategori social media ads.

Bagaimana Sih Supaya Orang Percaya Sama Website Kita?

Macam-macam Pemasaran Online:

  1. Search engine ads
  2. Social media ads
  3. Search engine marketing (SEO)

Bila ini berjalan maka website anda akan mendapatkan traffic yang berasal dari:

[table “” not found /]

Selain itu ada lagi program advertising yang bisa kita jadikan sebagai medium pemasaran online seperti misalnya: adroll, detik smart ads dan lain sebagainya.

Tips Pemasaran Online Dari Kami

Agar pemasaran online menjadi lebih terarah maka anda harus bisa menentukan prioritas.

  1. Dimana anda akan melakukan promosi
  2. Apa medium yang tepat, efektif dan efisien yang akan anda gunakan, lalu dari mana sumbernya? apakah Google Ads, Social Media Ads atau Search Engine Optimization

Untuk menjawab hal tersebut maka anda membutuhkan data yang sebelumnya telah anda himpun pada step pertama dan kedua.

Ketahuilah jika dalam menentukan source dan medium campaign ini tidaklah mudah.

Oleh sebab itu anda membutuhkan bantuan jasa digital marketing jika di perlukan, tujuannya adalah untuk memberikan advise yang positif.

Dengan bantuan jasa digital marketing maka mereka akan melakukan tugas penting yang berhubungan dengan strategi dan teknis promosi online.

Contoh kecil jika menggunakan jasa digital marketing, maka mereka akan menentukan pilihan penargetan iklan, misalnya:

  1. Lokasi iklan anda di tayangkan
  2. Gender
  3. Usia
  4. Pendapatan
  5. Hobby atau habit saat di internet
  6. Parenting
  7. Kebiasaan
  8. Researching (topik apa yang sedang di carinya melalui search engine)
  9. Pekerjaan
  10. Time
  11. Dan masih ada banyak lagi

Selain itu untuk menjalankan program advertising online melalui Google Ads, kita mengenal istilah “ads campaign” , “ads group” + “ads bid” dan “ads type”.

Bid atau bidding adalah strategi penayangan iklan.

Ads type adalah tipe iklan misal: search ads, display ads, shopping ads, video ads dan app ads.

Belum lagi di tambah dengan relevansi iklan, landing page quality, tracing code dan lain sebagainya. Dimana orang awam akan sangat sulit sekali untuk mengerjakannya.

Solusi terbaik mengatasi masalah ini adalah dengan meminta bantuan jasa digital marketing yang kami berikan.

Measure

Measure = ukur.

Setelah pemasaran online anda telah di jalankan selama beberapa hari maka sekarang waktunya untuk mengukur.

Alat yang di pakai untuk mengukur disini adalah bernama: site analytics.

Anda bisa gunakan Google Analytics atau provider site analytics lainnya.

Kompetitor

Fungsi dari Google Analytics ini banyak sekali dan sudah kami jelaskan pada artikel kami disini.

Dengan melakukan pengukuran maka anda bisa menilai efektifitas dan performa campaign yang tengah anda lakukan.

Sebaiknya gunakan beberapa skenario yang berbasis pada campaign anda di Google Ads. Terutama skenario strategi bidding, ads type, penargetan dan lain sebagainya.

Jika proses pemasaran online dirasa sudah maksimal maka anda harus pertahankan itu. Tetapi jika belum maksimal maka silahkan review sejumlah point-point penting terutama pada keyword dan penargetan iklan.

Diawal pemasangan iklan menjalankan promosi online memang biaya iklan PPC akan terasa tinggi. Tetapi lambat laun itu akan berubah jika anda melakukan beberapa perubahan berdasarkan data.

Remarketing dan Maintenance

Remarketing = pemasaran ulang dan Maintenance = perawatan performa.

Remarketing

Dalam menjalankan pemasaran online di tahun 2020 ini, sangat penting untuk menjalankan remarketing.

Fungsi dari remarketing ini sangat banyak sekali misalnya:

  1. Menampilkan iklan anda kepada orang yang telah berinteraksi dengan iklan anda sebelumnya
  2. Menyebarluaskan iklan anda ke sejumlah media-media lainnya (menggunakan display ads)
  3. Terus menggoda orang yang pernah berinteraksi dengan iklan agar kembali datang dan kembali berinteraksi

Untuk dapat menjalankan pemasaran online remarketing anda harus membuat audience yang bersumber dari Google Analytics, Google Ads Tag yang di kombinasikan dengan tracing code dari Google Tag Manager.

Buatlah konversi berupa tindakan tertentu atas aktivitas pengunjung web di situs anda untuk dijadikan sebagai target remarketing.

Maintenance

Wajib untuk menjalankan maintenance karena tanpa di maintain dengan baik proses promosi online anda akan sia-sia.

Author: Tri Harda | Posted in: - Tags:

Baca Artikel Lainnya:

Kesalahan Fatal Orang Yang Membuat Website

Kesalahan Fatal Orang Yang Membuat Website

Membuat website jika untuk tujuan promosi, maka…

Baca Artikel
Keyword

100 Cara Promosi Penjualan di Internet Menggunakan Digital Marketing

Kita akan bahas cara promosi penjualan di…

Baca Artikel
online

10 Solusi Website Tidak Bisa Diakses

Jangan stress! karena dalam artikel ini akan…

Baca Artikel
Website Saya Kenapa Lambat

Website Saya Kenapa Lambat? Bagaimana Cara Mengetahui Apa Penyebab Website Loading Terus?

Website saya Kenapa lambat? Bagaimana cara mengetahui…

Baca Artikel