TriHarda Web Design Pasti Lebih Bagus Pasti Lebih Murah

Website Saya Kenapa Lambat? Bagaimana Cara Mengetahui Apa Penyebab Website Loading Terus?

Website Saya Kenapa Lambat

Isi Artikel

Website saya Kenapa lambat? Bagaimana cara mengetahui apa penyebab website loading terus? dan bagaimanakah cara atau solusi untuk memperbaiki website yang lambat tersebut? jika anda ingin jawaban dari semua pertanyaan tersebut, silahkan baca artikel ini sampai tuntas kemudian ikuti beberapa tips dan trik yang akan saya terangkan di bawah ini.

Penyebab website yang lambat bisa berasal dari bermacam-macam hal. Kita tidak dapat langsung mengatakan website saya lambat karena faktor ini dan itu sebelum melakukan pengecekan terhadap beberapa komponen yang saling berhubungan erat dengan masalah yang telah membuat kenyamanan Anda terganggu saat melakukan browsing di dalam website.

Website Saya Kenapa Lambat?

Setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhi website terasa sangat lambat. Ketiga faktor tersebut terdiri dari: yang pertama adalah, faktor dari koneksi internet yang Anda gunakan, yang kedua adalah faktor dari performa website, dan yang ketiga adalah faktor yang bersumber dari spesifikasi web server yang Anda gunakan. Mari kita bahas satu persatu agar lebih jelas:

Bagaimana Cara Mengetahui Apa Penyebab Website Loading Terus?

Cek Koneksi Internet Yang Anda Pakai

Anda bisa menggunakan speedtest dari Ookla Atau dari sumber manapun yang anda sukai. Fungsi dari segi tes ini adalah untuk mengetahui berapa kecepatan internet yang Anda gunakan baik pada saat melakukan download dan melakukan upload.

Website Saya Kenapa Lambat
Website Saya Kenapa Lambat

Umumnya kecepatan internet yang dipakai di Indonesia ini rata-rata di atas 2 mbps. Jika setelah anda melakukan pengecekan speedtest dan ternyata kecepatan internet anda di atas rata-rata 2 mbps, maka hal itu dapat kita nyatakan bahwa tidak ada masalah pada koneksi internet anda.

Jika begitu adanya maka kita segera berlanjut kepada faktor kedua yaitu faktor yang berasal dari performa website anda sendiri.

Cek Ukuran Website

Yang paling pertama kali kita cek di sini adalah Anda harus mengetahui terlebih dahulu Berapa besar ukuran website anda. Kunjungi ini atau situs pengecekan ukuran website apapun yang anda sukai.

Penyebab Website Loading Terus

Website atau halaman web terdiri dari beberapa elemen seperti misalnya berupa gambar dan file lainnya yang kesemuanya mungkin tersimpan di dalam web hosting maupun yang berada di luar hosting (yang di ambil secara remote).

Setiap halaman web pasti memiliki ukuran yang berbeda-beda antara satu sama lainnya tapi rata-rata halaman web standard sekarang adalah diatas 1 MB.

Besar kecil ukuran halaman website tergantung dari file yang terdapat di dalamnya.

Ukuran web menjadi besar karena beberapa sebab misal, semakin banyak Anda menempatkan gambar atau file media lainnya maka secara otomatis itu mempengaruhi ukuran halaman web.

Setiap file berbentuk media atau gambar selain memiliki ukuran file ia juga memiliki ukuran dimensi seperti panjang dan lebar.

Panjang dan lebar sebuah file gambar ketika sudah di upload ke dalam website kemudian ditampilkan di halaman frontend maka script website yang Anda gunakan akan secara otomatis melakukan resizing.

Proses resizing ini bisa memperkecil atau bisa juga memperbesar dimensi file gambar sesuai dengan ukuran layout website atau tergantung dari ukuran dimensi file gambar yang anda publikasikan di dalam halaman web.

Cara Mengetahui

File gambar terdiri dari beberapa macam tipe atau extension. Misalnya JPG PNG atau GIF. Ukuran gambar dengan ekstensi PNG biasanya lebih besar dibanding file gambar dengan ekstensi JPG. Apalagi file gambar yang berbentuk animasi seperti file gambar dengan ekstensi GIF.

Ukuran file gambar yang terlalu besar, ukuran dimensi gambar panjang dan lebar gambar yang tidak sesuai dengan ukuran layout pada website, dan tipe gambar atau ekstensi dari file, semuanya itu bisa mempengaruhi kecepatan website anda.

Karenanya maka, ketika anda membuat website atau meminta bantuan jasa pembuatan website untuk membuatkan website kepada anda maka mintalah kepadanya agar ukuran gambar yang dipublikasikan di dalam website sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran panjang dan lebar gambar yang tidak sesuai dengan bidang yang terdapat di dalam website maka akan secara otomatis akan di resizing oleh sistem. Dan untuk memprosesnya maka dibutuhkan processor web server yang tinggi. untuk menghindari masalah ini maka ikutilah petunjuk yang telah saya sampaikan tadi.

Solusi yang paling tepat adalah Jika ternyata banyaknya gambar yang tidak proporsional ditempatkan di dalam website sehingga menyebabkan website menjadi lambat adalah dengan melakukan konfigurasi ulang. Menyesuaikan ukuran gambar baik dari ukuran file maupun dimensi gambar yang sesuai dengan kebutuhan.

Anda bisa menggunakan beberapa macam software yang berfungsi untuk melakukan kompresi gambar sebelum anda upload ke dalam website. Software-software tersebut misalnya adalah Photoshop atau Caesium sebagai software image compressor gratis.

Cek Performa Web Server

Jika anda merasa bahwa anda telah menggunakan kecepatan internet di atas rata-rata. Dan juga anda telah meyakini jika ukuran website anda sudah standar alias tidak terlalu besar. Tetapi yang terjadi pada kenyataannya adalah bahwa website tetap masih lambat maka yang harus anda cek yang ketiga adalah mengecek performa web server web hosting.

Anda harus menghubungi pihak penyedia web hosting di mana anda menyimpan seluruh file-file yang berhubungan dengan website di dalam server mereka. Tanyakan kepada pihak penyelenggara webhosting mengapa performa web hosting lambat kali.

Umumnya para penyedia web hosting akan memberikan jawaban yang umum. Yang pada intinya kita sendirilah yang harus mengoptimasi website kita sedangkan mereka berlepas tangan terhadap masalah itu.

Masalah melambatnya website yang loading terlalu lama karena faktor web hosting yang kurang maksimal biasanya terjadi pada anda yang membeli paket share hosting yang harganya murah.

Memang tidak salah untuk membeli web hosting yang murah karena itu merupakan hak Anda sendiri tetapi jika anda menempatkan website yang Anda gunakan sebagai media untuk usaha maka sebaiknya berpikirlah dua kali untuk menempatkan website anda di dalam share hosting yang murah meriah.

Mengapa saya mengatakan demikian jawabnya adalah mengapa para penyedia hosting itu memberikan harga yang murah? jawabannya adalah karena mereka telah melakukan pembatasan penggunaan source web server sehingga mereka bisa membeli webserver yang harganya juga murah dan kemudian untuk dijual lagi kepada anda dijadikan sebagai share hosting.

Web hosting sama seperti komputer pada umumnya bahwa dia memiliki prosesor dan ram termasuk juga motherboard power supply kecepatan internet dan lain-lain sebagainya. Semakin murah kita membeli web hosting maka secara pasti kita juga akan mendapatkan spesifikasi hosting yang kecil.

Kecilnya spesifikasi hosting tersebut yang kemudian ditambah dengan pembatasan penggunaan source oleh Script-script yang dipasang oleh para penyedia web hosting yang fungsinya untuk melakukan pembatasan penggunaan source maka jelas hasilnya akan membuat website anda menjadi lambat.

Solusi keluar dari masalah ini adalah dengan mengganti paket hosting yang Anda beli atau anda bisa pindah hosting. Carilah penyedia hosting yang memberikan spesifikasi hosting yang besar.

Kalau kita berbicara mengenai spesifikasi hosting yang besar maka anda jangan fokus pada besaran hardisk atau tempat penyimpanan file tetapi fokuslah kepada seberapa besar source penggunaan webserver yang bisa anda gunakan.

Tidak ada gunanya membeli hosting unlimited tanpa didukung oleh spesifikasi dari server yang handal seperti tipe prosesor hosting besarnya RAM dan lain sebagainya.

Sekali lagi saya katakan sebaiknya jangan terpengaruh dengan ukuran hosting yang besar tanpa fokus pada source dari web server itu sendiri.

Cara Mempercepat Website WordPress

Kesimpulan dari artikel ini adalah mempercepat website kita. Jika Anda menggunakan WordPress sebagai script pembuat website maka anda termasuk orang yang beruntung.

Mengapa saya mengatakan Anda termasuk orang yang beruntung karena WordPress merupakan CMS yang paling populer di seluruh dunia.

Terdapat banyak sekali lagi plugin yang bisa kita gunakan untuk mempercepat website WordPress.

Setelah anda melakukan optimisasi pada file gambar dan penggunaan file script pada website maka ada lagi yang harus anda optimasi kan dari sisi sistem itu sendiri.

Jika saat ini anda belum menggunakan WordPress Maka segeralah beralih ke WordPress caranya cukup menghubungi kami untuk membuatkan website berbasis WordPress agar website anda menjadi lebih cepat dari yang sekarang ini.

Ada beberapa plugin yang bisa diinstal oleh para pemilik website WordPress.

Plugin tersebut berfungsi untuk mempercepat waktu loading website WordPress nya masing-masing.

Ada beberapa nama besar seperti misalnya: WP Fastest Cache, W3 Total Cache, WP Super Cache dan lain sebagainya yang bisa anda lihat pada url ini: https://id.wordpress.org/plugins/search/cache/.

Jika Anda menggunakan jasa pembuatan website dari kami maka website Anda secara otomatis akan kami optimasi kan dengan maksimal.

Tujuannya adalah agar website Anda bisa loading dengan cepat secepat kilat. Dan jika saat ini Anda masih memiliki masalah dengan website yang lambat Maka segeralah hubungi kami untuk melakukan perbaikan.